Jejak Islam : Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini Penyebar Islam Pertama di Tanah Sulawesi -->

Jejak Islam : Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini Penyebar Islam Pertama di Tanah Sulawesi

Kamis, 30 Mei 2019, Mei 30, 2019

Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini - (int)


PESANKU.ID, WAJO -- Siapa sebenarnya penyebar Islam pertama di Sulawesi Selatan? Para sejarawan akan memberi jawaban yang berbeda.

Umumnya, mereka merujuk pada kedatangan tiga ulama asal Minangkabau yaitu Datuk ri Bandang, Datuk Patimang, dan Datuk Ditiro, tahun 1602 M.

Sesungguhnya, jauh sebelum kedatangan ketiga ulama tersebut, sejumlah masyarakat di Sulawesi Selatan telah memeluk Islam. Dalam Lontara Suqkuna Wajo, disebutkan bahwa pada tahun 1300-an, masyarakat di Wajo dan sekitarnya, sudah mengenal keyakinan tentang Dewata Sewwae, yang berarti Tuhan itu satu.

Diyakini, ajaran tentang keyakinan bahwa Tuhan itu satu merupakan buah dari syiar Islam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini, yang merupakan keturunan ke-20 Nabi Muhammad, SAW. Syekh Jamaluddin juga merupakan kakek para Wali Songo yang terkenal sebagai penyebar Islam di seantero Jawa.

Di jazirah Sulawesi, Syekh Jamaluddin-lah yang dapat ditelusuri jejaknya sebagai penyebar Islam paling pertama.

Masih dalam Lontara Suqkuna Wajo, ditulis bahwa  Puangnge di Lampulungeng tak lain adalah Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini. Lampulungeng adalah sebuah kawasan danau di Wajo, yang dihuni warga setempat dan pendatang, sebelum adanya Kerajaan Wajo.

"Jejak lainnya yang bisa ditelusuri tentang keberadaan Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini pada 1320 M yakni adanya Makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini di Tosora, Wajo," tutur Husnul Fahimah Ilyas dari Balitbang Kemenag dikutip dari celebes TV.

Syekh Jamaluddin sendiri wafat pada tahun 1453 M. Makam ini ramai dikunjungi peziarah, termasuk Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah dua kali mengunjungi makam ini.

Makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini itu berada dalam lingkungan Masjid Kuno Tosora. Berdasarkan penelitian Balitbang Kementerian Agama Makassar dan diperkuat Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulsel, makam dan masjid Tosora menunjukkan artefak seusia dengan keberadaan Syekh Jamaluddin di Tosora.

Bagaimana sesungguhnya keberadaan Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini sebagai penyebar Islam paling pertama di Sulsel.(*)

TerPopuler