Kurangi Sampah Plastik, Camat Tempe Pakai Tas Daur Ulang -->

Kurangi Sampah Plastik, Camat Tempe Pakai Tas Daur Ulang

Minggu, 04 Agustus 2019, Agustus 04, 2019



PESANKU.ID, WAJO -- Kian hari masalah sampah plastik makin serius. Melihat permasalahan tersebut, banyak pihak mulai melakukan aksi untuk mengurangi sampah plastik.

Salah satunya Camat Tempe, Andi Fhakhrul Rijal. Putra mantan bupati Wajo itu terus mengempanyekan pengurangan kantong plastik.

Seperti saat berbelanjal disalah satu supermarket di Kota Sengkang, Minggu, 4 Agustus. Mantan Camat Penrang itu belanja menggunakan kantong ulang. Bukan pakai kantong plastik.

Hal itu mengundang perhatian masyarakat yang melihatnya."Memang ada kantong plastik yang sudah di sediakan toko tapi ini hanyalah sebagai salah satu contoh mengajak pelanggan dan masyarakat luas untuk aktif mengurangi konsumsi kantong plastik yang cuman sekali pakai,"katanya saat dihubungi via telepon.




Ketua KNPI Wajo itu mengatakan, pemerintah memang terus mengempanyeka program pengurangan kantong plastik." Ini bentuk edukasi kepada masyarakat tentang tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan jangka panjang. Masyarakat harus sadar dampak buruk sampah plastik,"ujarnya.

Fhakhrul menjelaskan, kantong plastik adalah bahan yang sukar terurai hingga ratusan bahkan ribuan tahun. Salah satu contoh, pantai dan lautan maupun sungai kini sudah banyak tercemar sampah plastik. 

Tak hanya itu, bencana alam yang terjadi juga banyak diakibatkan sampah-sampah plastik yang tidak tertangani dengan baik.“

"Saya berharap kepada konsumen maupun masyarakat untuk menggunakan tas belanja pakai ulang (reusable) sehingga ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali-kali," harap A. Fhakrul. (Ukka)

Editor : Irwan

TerPopuler