Penetuan AKD DPRD Wajo Diwarnai Aksi Walk Out, Taqwa Gaffar: Saya Salut Sikap Fraksi Gerindra -->

Penetuan AKD DPRD Wajo Diwarnai Aksi Walk Out, Taqwa Gaffar: Saya Salut Sikap Fraksi Gerindra

Kamis, 10 Oktober 2019, Oktober 10, 2019


PESANKU.ID, WAJO -- Rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Wajo berlangsung alot, Kamis, 10 Oktober 2019. Bahkan dalam rapat paripurna, Fraksi Gerindra memilih walk out.

Aksi walk out Gerindra mendapat apresiasi dari Fraksi Nasdem.Hal tersebut diutarakan oleh salah satu legislator Fraksi Nasdem, Taqwa Gaffar. 

Ia memahami walk out-nya fraksi Gerindra saat rapat berlangsung.“Kami memahami sikap tersebut. Meskipun ada kesepakatan sebelumnya, tetapi kalau ada instruksi partai lebih tinggi itulah yg beliau ikuti, Saya pun dari Nasdem kalau ada perintah dari partai akan loyal pada perintah itu,” ujarnya, Jumat, 11 Oktober.


Anggota DPRD Wajo dari Fraksi Nasdem, Taqwa Gaffar


Loyalitas kepada partai, telah ditunjukkan Fraksi Gerindra sekarang. Termasuk, Wakil Ketua I DPRD Wajo, Firmansyah Perkesi telah menjalankan tugasnya sebagai pimpinan dan juga telah menjalankan perintah partai.

“Sikap mereka harus dihormati. Loyal kepada partai. Saya dari Nasdem salut terhadap sikap tersebut,” ucapnya.

Aksi walk out Fraksi Gerindra bermula
pascarapat paripurna IV tentang pengumuman nama-nama anggota alat kelengkapan dewan pada Selasa (8/10/2019) lalu.

Seusai diumumkan, setiap komisi pun melakukan pemilihan pimpinan komisi. Saat itu, di Komisi I Bidang Pemerintahan, Andi Malleleang, anggota Fraksi Gerindra terpilih sebagai Ketua Komisi.

Di Komisi II, Asri Jaya A Latif, anggota Fraksi Demokrat terpilih sebagai ketua komisi. Sementara di Komisi III dan Komisi IV masing-masing yang terpilih adalah Taqwa Gaffar dari Fraksi Nasdem dan AD Mayang dari Fraksi Demokrat.

Namun, sejumlah fraksi menolak hasil pemilihan tersebut. Olehnya, untuk menganulir keputusan tersebut, DPRD Kabupaten Wajo pun menggelar sidang untuk yang kelima kalinya pada Kamis (10/10/2019) malam.

Alhasil, dari 36 anggota DPRD Wajo yang hadir, 30 anggota DPRD Wajo menyatakan menolak hasil tersebut, sehingga kembali dilakukan pemilihan ulang.

Atas dasar itulah, Fraksi Gerindra yang beranggotakan 6 orang tersebut memilih tak mengikuti pemilihan pimpinan komisi.

"Pada pemilihan (pimpinan fraksi) kemarin hari Selasa, tidak ada yang dilanggar dalam pemilhan tersebut berdasarkan tata tertib," kata Ketua Fraksi Gerindra, Sulfiah.

Meski Fraksi Gerindra melakukan walk out, rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan tetap berlangsung. 

Dari hasil paripurna Ketua Komisi I dijabat Ambo Mappasessu dari fraksi Wajo Bersatu, Ketua Komisi II dijabat Sudirman Meru dari Fraksi PAN, Ketua Komisi III dan Komisi IV masing-masing dijabat Taqwa Gaffar dari Fraksi Nasdem dan AD Mayang dari Fraksi Demokrat.(*)

Editor : Irwan

TerPopuler